PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 1 NIAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan profesional. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan diri individu, terutama bagi perkembangan bangsa dan negara. Pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, mutu pendidikan dan martabat manusia yang terdidik dan beriman, bertanggungjawab, partisipatif, kreatif dan inovatif guna menjawab tantangan perkembangan kemajuan zaman. Hal ini sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan yang tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Untuk mencapai fungsi dan tujuan pendidikan tersebut, hanya dapat tercapai melalui proses pendidikan. Dalam keseluruhan proses pendidikan kegiatan pembelajaran adalah yang paling utama. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran. Perubahan kurikulum merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai fungsi dan tujuan tersebut. Adapun kurikulum yang sedang berlangsung saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), pembelajaran diharapkan lebih berpusat kepada siswa (student centered), artinya siswa terlibat langsung dan aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator dan mediator. Guru hendaknya merencanakan pembelajaran yang menarik, efektif dan bermakna serta bisa menyesuaikan dan menerapkan model dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang hendak diajarkan. Sehingga dengan hal ini, diharapkan siswa menjadi lebih aktif dalam menemukan sendiri pengetahuan dan mencapai kompetensi yang telah ditetapkan.

Namun kenyataan yang terjadi disetiap unit sekolah pada saat ini sungguh jauh berbeda dengan yang diharapkan. Tentu saja penyimpangan ini akan berdampak pada hasil belajar mata pelajaran matematika pada khususnya. Hal ini diperkuat dengan hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan peneliti pada tanggal 06 Oktober 2014 di SMP Negeri 1 Nias, yaitu:
  1. Hasil pengamatan peneliti dilapangan didapatkan data yaitu
    • Kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru dengan metode ceramah dan pemberian tugas.
    • Dalam proses pembelajaran siswa hanya mendengar dan mencatat materi yang disampaikan oleh guru sehingga siswa cenderung pasif.
    • Beberapa siswa tampak kurang semangat saat pembelajaran matematika berlangsung.
    • Kurangnya kreativitas siswa dalam belajar.
    • Media pembelajaran dan sumber belajar yang tersedia di sekolah masih kurang.
  2. Hasil wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran matematika ditemukan:
    • Siswa jarang bertanya tentang materi yang kurang jelas pada saat proses pembelajaran berlangsung.
    • Kurangnya interaksi diantara siswa terutama saat proses pembelajaran berlangsung.
    • Siswa sulit mengerjakan soal-soal yang tidak sama dengan contoh yang telah diberikan oleh guru.
    • Kurangnya keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat serta dalam merumuskan gagasan sendiri.
  3. Hasil wawancara dengan beberapa orang siswa diperoleh informasi bahwa:
    • Siswa kurang termotivasi belajar matematika karena dianggap sulit dipahami.
    • Kurangnya variasi pembelajaran yang digunakan guru sehingga siswa merasa bosan dan mengantuk saat pembelajaran berlangsung.
Dari beberapa uraian masalah di atas, jelas akan bertentangan dengan yang diharapkan terutama didalam KTSP. Tentu saja bila hal ini terus menerus dibiarkan maka hasil belajar siswa yang selama ini telah jauh dari yang diharapkan akan semakin lebih buruk lagi sehingga kompetensi yang telah ditetapkan selama ini tidak akan pernah tercapai. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti berkeinginan untuk menerapkan strategi pembelajaran Peer Lessons. Strategi pembelajaran Peer Lessons merupakan strategi pembelajaran yang baik digunakan untuk menggairahkan kemauan peserta didik untuk mengajarkan materi kepada temannya. Hal ini sesuai dengan langkah-langkah strategi pembelajaran Peer Lessons yang dikemukakan Zaini dkk (2008:62-63) yaitu:
  1. Bagi peserta didik menjadi kelompok-kelompok kecil sebanyak segmen materi yang akan disampaikan;
  2. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mempelajari satu topik materi, diusahakan topik yang diberikan harus saling berhubungan;
  3. Minta setiap kelompok menyiapkan strategi untuk menyampaikan materi kepada teman-teman sekelas;
  4. Buat beberapa saran seperti menggunakan alat visual atau menyiapkan media pengajaran yang diperlukan;
  5. Beri mereka waktu yang cukup untuk persiapan, baik di dalam maupun di luar kelas;
  6. Setiap kelompok menyampaikan materi sesuai tugas yang telah diberikan;
  7. Setelah semua kelompok melaksanakan tugas, guru memberi kesimpulan dan mengklarifikasi sekiranya ada yang perlu diluruskan dari pemahaman peserta didik.
Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti melaksanakan penelitian dengan menggunakan metode Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus dengan pendekatan kuantitatif. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan beberapa instrumen penelitian, antara lain: lembar observasi, lembar panduan wawancara, angket, rekaman video/foto dan tes hasil belajar. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Nias Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, peneliti akan melaksanakan penelitian ilmiah dengan judul: "PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 1 NIAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015".


.:: Smoga bermanfaat ::.